Waspada terhadap hama burung pada tanaman padi

Sejak saya menggeluti bertanam padi, baru kali ini mengalami kegagalan total alias gagal panen. tanaman padi ku ludes dimakan hama burung dan tikus. lahan tanaman padi seluas  kurang lebih 7700 M2 ini habis cuma dapat 4 karung padi. sedih sekali rasanya. sangat menyesal sekali, kenapa tidak dari awal mengantisipasi akan adanya hama burung ini.

Padi  yang sejak keluar malai terlihat hijau dan indah di pandang membuat saya gembira dan sudah terbayang akan keberhasilan panen padi akan berlimpah, namun apa daya musibah melanda saya, pas waktu mau menjaga padi agar tidak di makan burung  namun saat itu pula saya jatuh sakit selama 1 minggu, ketika sudah sehat saya tengok lahan padi tersebut, apa yang terlihat saya sangat terkejut padi yang tadinya terlihat sangat menyenangkan ketika di pandang sekarang sangat menyedihkan.

Padahal areal padi saya sudah saya gunakan tali rafia dan berbagai macam plastik agar burung-burung tersebut tidak mau mendekat, namun tetap saja mendekat dan memakan tanaman padi saya. dari pengalaman pahit tersebut saya jadi lebih hati-hati lagi.

Dan saran saya kepada para petani di mana saja berada, apabila ada burung yang mulai makan  padi maka diharapkan segera lakukan pencegahan dengan menunggu tanman padi tersebut. apabila tetap saja maka segera tambah orang untuk menjaganya.

Anda bisa lihat sendiri burung- burung tersebut di areal pesawahan saya ini :
Demikian pengalaman pahit saya bertanam padi, mudah mudahan hal ini dapat dijadikan pelajaran yang sangat berharga buat saya sendiri, umunya buat yang membaca blog saya ini.
Waspadalah terhadap burung-burung peking ini, bisa-bisa tanaman padi Anda akan ihilang.


Waspada terhadap hama burung pada tanaman padi Waspada terhadap hama burung pada tanaman padi Reviewed by Roni Rz on 11.56.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.