Menjelang Panen Padi Tiba

Alhamdulillah padi yang saya tanam sudah mulai Meratak, sudah muncul malai dan hampir semuanya rata. hamparan warna kuning terlihat di areal pesawahan desa saya yaitu Sukawera. kurang lebih 1 bulan lagi musim panen itu tiba. mudah-mudahan tanaman padi yang sudah mulai menguning ini  selamat dapat di panen dengan sempurna tanpa adanya gangguan apapun, baik hama mapun penyakit.

Mungkin  saat padi sudah mulai menguning ini rasa bahagia itu tiba bagi seorang petani karena pertanda panen akan segera tiba, karena dari hasil panen padi ini petani mendapatkan penghasilan. selama kurang lebih 3 bulan lamanya mulai dari menanam, memupuk, menyemprot, merawat dan memanennya.

Varietas yang saya tanam saat ini adalah Inpari 10 pada usia 70 hari setelah tanam ini malai sudah meratak semua, kalau dilihat dari usianya termasuk padi genjah atau usianya cepat. karena pada usia 60 hari saja sudah ada yang mulai muncul malai, meskipun baru satu sampai dua malai yang muncul.
Tahapan yang telah saya lalui dari tanaman padi yang saya tanam seluas 90 bata atau sekitar 1260 M2 ini adalah :
  1. Pada usia 7 hari setelah tanam saya pupuk dengan pupuk petroganik 40 kg
  2. Usia padi 15 hari saya beri pupuk dengan Urea 15 kg dan Sp 36 15 Kg di tambah Alpadine 1kg
  3. Usia  padi 25 hari saya semprot dengan insektisida+fungisida
  4. Usia 30 Hari saya beri pupuk lagi NPK organik 30 Kg
  5. Usia 35 saya semprot dengan pupuk cair organik + GA3
  6. Usia 40 saya semprot dengan insektisida
  7. Usia 45 saya kasih pupuk NPK lagi 5 Kg
  8. Usia 50 saya semprot lagi dengan insektisida + Fungisida
  9. usia 55 saya semprot dengan pupuk cair organik
  10. usia 60 saya semprot lagi dengan insektisida dan fungisida
Dari rangkaian yang telah saya lakukan tersebut Alhamdulillah terlihat tanaman padiku sehat dan malaipun rata menguning. mudah-mudahan hasil panennya pun berlimpah. AMIN.

Sekian dulu cerita saya ini, kita tunggu hasilnya berapa kwintal dari tamanan padi seluas 1260 m2 ini.
sampai jumpa pada tulisan saya berikutnya.
Menjelang Panen Padi Tiba Menjelang Panen Padi Tiba Reviewed by Roni Rz on 04.24.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.