Bagaimana mengatasi hama wereng pada tanaman Padi

Di Indramayu khususnya di daerah saya yaitu kecamatan kertasemaya dan sekitarnya, para petani padi sedang resah dengan adanya hama wereng coklat. tak terkecuali tanaman padi yang sedang saya tanam juga ada hama werenga tersebut.

kalau dari referensi yang saya dapatkan hama wereng ini dapat menimbulkan penurunan produksi atau mengurangi hasil panen. seberapa besar penurunan tersebut masih belum jelas mengingat belum ada data secara akurat yang saya dapatkan.  dan saya sendiri baru mengalami adanya hama wereng ini. Namun dengan penuh harap kepada yang maha kuasa, sang pencipta hama wereng coklat ini agar tetap tanaman padi saya sehat dan tetap menghasilkan panen yang berlimpah.


Kalau saya amati pada tanaman padi yang sedang saya tanam ini, terdapat hama wereng adalah sebagai berikut :
1. Adanya rumput atau gulma di sekitar tanaman padi, karena pada areal sawah yang saat ini sedang saya tanam kondisinya kekeringan sehingga memnimbulkan atau tumbuhnya gulma tersebut, untuk itu segera saya lakukan penyiangan rumput di sekitar tanaman padi ini.
2. Tidak serempaknya waktu tanam, mengingat di sekitar areal sawah saya atau dikawasan hamparan tersebut tidak seragam. ada yang sudah tanam umur 1 bulan, ada yang baru tanam, ada yang sedang panen.
3. Pengairan yang terlambat pada masa pertumbuhan, sehingga menimbulkan tumbuhnya gulma dan menjadikan sarang bagi hama tersebut.
4. berkurangnya musuh alami di areal sawah saya.
5. bibit yang saya dapatkan dari orang lain atau beli ke petani lain yang yang sudah berusia 25 hari di persemaian,  atau saya tidak sempat membuat penyemaian bibit sendiri.
6. lahan sawah saya tidak diratakan terlebih dahulu, karena  buru-buru di tanami karena waktu itu saya khawatir tidak dapat bibit sementara yang lain sudah pada tanam.


Mungkin itu peyebab adanya hama wereng pada areal tanaman padi saya.
untuk mengatasinya yang sedang saya lakukan adalah :
1. Pembersihan rumput atau gulma di areal sawah saya.
2. Penyamprotan insektisida berbahan aktif Fipronil sudah saya lakukan tapi masih ada kamudian akan saya lakukan penyemprotan lagi  insektisida berbahan aktif  BUPROFEZIN 

Itu baru yang saya lakukan,  mudah-mudahan hama wereng ini bisa teratasi dan tidak menganngu hasil panen tanaman padi saya. mungklin ada di antara Anda yang pernah mengalami dan berhasil silahkan berbagi dengan saya. terima kasih semoga bermanfaat.
Bagaimana mengatasi hama wereng pada tanaman Padi Bagaimana mengatasi hama wereng pada tanaman Padi Reviewed by Roni Rz on 05.54.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.